Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM)
Vol. 9 No. 1 (2021): APRIL

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE GRAB DI KOTA MALANG

Siti Nur Aini (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Iva Nurdiana Nurfarida (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Candra Wahyu Hidayat (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat diera yang modern khususnnya dibidang transportasi online. Sebelum adanya perkembangan pada transportasi ojek online, dahulu ojek dikelola secara konvensional, dimiliki oleh perseorangan dan tidak dapat dipesan melalui gadget, akan tetapi dengan berkembangnya zaman masyarakat dapat memesan melalui aplikasi online dan tidak perlu berjalan menuju kepangkalan ojek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakalh penelitian ini berpengaruh terhadap kualiutas pelayanan (X1), harga (X2) dan promosi (X3) terhadap kepuasan pelanggan (Y) transportasi online grab di kota malang. Sampel pada penelitian ini diambil berdasarkan rumus Ferdinan dengan jumlah 108 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Data diambil menggunakan kuesioner yang diukur dengan alat skala likert, penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1), harga (X2), promosi (X3) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan (Y) Grab di Kota Malang. Dan variabel kualitas pelayanan (X1) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan (Y) Transportasi Grab Online di Kota Malang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JRMM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM) terbit 2 (dua) kali dalam setahun (April, Oktober) berisi publikasi hasil-hasil penelitian tugas akhir mahasiswa, karya ilmiah mahasiswa, serta penelitian mahasiswa dan dosen di bidang Manajemen. JRMM diterbitkan oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas ...