KALPATARU: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah
Vol 6, No 2 (2020): KALPATARU: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG

Sarinah Sarinah (Universitas PGRI Palembang)
Nur Ahyani (Universitas PGRI Palembang)
Ahmad Zamhari (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Model dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai jembatan atau media tranformasi pelajaran terhadap proses belajar siswa secara efektif, sesuai dengan materi yang disampaikan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 3 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 3 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 3 Palembang dan sampel  penelitian ini adalah siswa kelas X.7 dengan jumlah siswa 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X.8 dengan jumlah siswa 36 orang (50) sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian terbukti bahwa “ada pengaruh penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 3 Palembang”. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 79,75, sedangkan kelas kontrol 70,86. Sehingga didapat  4,728 dan  1,66691. Dengan ini dapat disimpulkan   ≥ sehingga  ditolak dan  diterima.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Kalpa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus tentang penelitian dalam pendidikan sejarah, bidang sejarah, sejarah lokal, sejarah nasional dan sejarah global, budaya Indonesia, kearifan lokal dan pendidikan ...