Anak prasekolah atau masa golden age merupakan suatu proses kehidupan yang pesat dalam masa pertumbuhan dan penting untuk merangsang perkembangan kognitifnya. Permainan konstruktif lego bermanfaat bagi anak untuk mengembangkan kognitifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian stimulasi permainan konstruktif lego terhadap perkembangan kognitif pada anak usia prasekolah 5 sampai 6 tahun serta mengetahui perkembangan kognitif pada kelompok yang tidak diberi stimulasi. Penelitian ini bersifat quasi eksperimen dengan pre test and post test control group design terhadap 46 responden. Penelitian ini dilakukan di PAUD Sayang Ibu kota Padang. Sampel penelitian dipilih secara random sampling. Pengukuran perkembangan kognitif menggunakan Test CPM. Analisa data menggunakan uji t dependen yang telah dilakukan uji normalitas data. Hasil penelitian menunjukkan rerata perkembangan kognitif pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah perlakuan masing-masing yaitu 55,09 dan 66,09, ada pengaruh pemberian stimulasi pada perkembangan kognitif anak (p=0,000). Rerata perkembangan kognitif pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah perlakuan masing-masing yaitu 58,48 dan 59,43. Tidak ada peningkatan perkembangan pada kognitif anak (p=0,328). Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh pemberian stimulasi permainan konstruktif lego terhadap perkembangan kognitif pada anak prasekolah. Kata Kunci : Konstruktif Lego; Perkembangan Kognitif; Stimulasi; Usia Prasekolah.
Copyrights © 2021