Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab
Vol 3 No 1 (2021): Volume 3 Nomor 1 April 2021

KREATIFITAS GURU MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI MA NUHIYAH PAMBUSUANG KECAMATAN BALANIPA KABUPATEN POLEWALI MANDAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Hamzah (Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar)
Rahmat R (Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar)
Basri Mahmud (Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar)
Haeruddin Haeruddin (Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreatifitas guru mata pelajaran Bahasa Arab dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI MA Nuhiyah Pambusuang pada masa pandemi Covid-19dan kendala yang dihadapi oleh guru mata pelajaran Bahasa Arab dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI MA Nuhiyah Pambusuang pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan berdasarkan tempat penelitiannya, dan berdasarkan datanya penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun posisi peneliti dalam penelitian ini sebagai instrumen kunci yang dibantu dengan pedoman wawancara dan pengamatan dalam pengumpulan data. Dan teknik utama dalam pengumpulan datanya adalah melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data yang diperoleh peneliti menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga prosedural setelah pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau pengambilan kesimpulan. Adapun hasil penelitin ini adalah: Pertama; Usaha guru mata pelajaran Bahasa Arab dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI MA Nuhiyah Pambusuang adalah melalui: a) pembagian modul pelajaran secara tematik, b) pemberian tugas pekerjaan rumah, c) pemberian tugas media bergambar, dan d) pembentukan kelompok belajar untuk belajar di rumah guru. Kedua; Kendala yang dihadapi oleh guru mata pelajaran Bahasa Arab dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI MA Nuhiyah Pambusuang adalah: a) tidak semua siswa memiliki smartphone dan bisa mengakses aplikasi massenger, b) keaktifan siswa berkurang karena kegiatan siswa di rumah padat, c) siswa kurang bersemangat belajar secara daring, d) capaian pembelajaran tidak sesuai KKM Standar, dan e) mengukur dan mengharapakn efektifitas pembelajaran secara maksimal pada masa pandemi covid 19 mustahil adanya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

naskhi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Naskhi adalah Jurnal pengkajian pendidikan dan Bahasa Arab untuk manampung dan menyebarluaskan hasil-hasil kajian ilmiah dan penelitian dosen internal IAI Muhammadiyah Sinjai maupun peneliti/ dosen dari eksternal IAI Muhammadiyah Sinjai. Di Samping itu, dapat pula memuat artikel hasil karya ...