Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya
Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2021

Pengaruh Persepsi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Minat Kunjung Ulang di Pantai Baru Yogyakarta

Suhartapa Suhartapa (Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo)
Agung Sulistyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2021

Abstract

AbstrakMinat kunjung ulang wisatawan adalah bagian dari perilaku wisatawan yang merupakan dorongan wisatawan untuk melakukan kunjungan lagi di destinasi wisata yang sama. Faktor yang bisa mempengaruhi minat kunjung ulang diantaranya adalah persepsi wisatawan terhadap daya tarik objek wisata dan motivasi wisatawan untuk melakukan kunjung ulang. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan motivasi wisatawan terhadap daya tarik wisata terhadap minat kunjung ulang di Pantai Baru Bantul Yogyakarta. Rumusan masalah penelitian adalah: 1). Apakah persepsi wisatawan tentang daya tarik  objek wisata dan motivasi wisatawan secara bersama-sama mempengaruhi minat kunjung ulang wisatawan; 2). Apakah persepsi wisatawan tentang daya tarik suatu objek wisata mempunyai pengaruh terhadap minat kunjung ulang wisatawan; dan 3). Apakah motivasi wisatawan mempunyai pengaruh terhadap minat kunjung ulang wisatawan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) persepsi wisatawan pada daya tarik objek wisata dan motivasi wisatawan secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap minat kunjung ulang wisatawan; 2) persepsi wisatawan tentang daya tarik suatu objek wisata mempunyai pengaruh positif terhadap minat kunjung ulang wisatawan; dan 3) motivasi wisatawan mempunyai pengaruh positif terhadap minat wisatawan untuk melakukan kunjung ulang. Kata Kunci: Persepsi, Motivasi, dan Minat Kunjung Ulang The Influence of Tourist’s  Perceptions and Motivations  on The  Interest of Repeat Visits at Pantai Baru Yogyakarta Abstract The interest of returning tourist is part of tourist behavior which is an incentive for tourist to make another visit to the same tourist destination. Factors that can affect the interest in repeat visits include tourists perceptions of the attractiveness of tourist objects and the motivation of tourists to make repeat visits. This research was conducted to determine the effect of perceptions and motivation of tuorists on tourist attractiveness towards revisiting interest in Pantai Baru Bantul Yogyakarta. The formulations of the research problems are: 1). Do tourists perceptions of the attractiveness of a tourist attraction and tourist motivation together influence the interest in visiting tourists’ re-visits 2). Does the perception of tourists about the attractiveness of a tourist object have an influence on the interest in visiting tourist again; and 3). Does tourist motivation have an influence on the interest in visiting tourists again? The sampling method used was nonprobability sampling with a sample size of 100 respondents. The analytical tool used in this research is multiple regression analysis. The results of this study indicate: 1) the perception of tourists on the attractiveness of tourist objects and the motivation of tourists together have an influence on the interest in visiting tourists again; 2) the perception of tourists about the attractiveness of a tourist abject has a positive influence on the interest in returning tourists; and 3) tourist motivation has a positive influence on tourist interest in revisiting. Keywords: Perception, Motivation, and Revisiting Interest

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

khasanah

Publisher

Subject

Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Khasanah Ilmu sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada masyarakat luas. Situs Jurnal Khasanah Ilmu menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal kami adalah jurnal ilmiah nasional yang ...