Dalam  upaya  meningkatkan  efisiensi  penyediaan aplikasi  yang  mengandung  unsur pendidikan maka diperlukan berbagai alternatif dan inovasi baru dalam hal pemrograman untuk bisa diterapkan sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran. Dengan adanya Rancang Bangun Mobile Game Adventure Of Studies sebagai Media Pembelajaran ini diharapkan untuk meningkatkan kemampuan berfikir anak dalam proses belajar, bahwa game ini sangat berguna di bidang pendidikan. Penyusun   memilih   anak-anak  dan remaja sebagai   target   pemain, karena   kesulitan   proses pembelajaran secara teoritis yang di ajarkan pada anak-anak dan remaja, mengingat mereka lebih suka bermain. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan tahapan penelitian Analisis Kebutuhan, Desain dan Perancangan Game, Pengembangan Game, Implementasi atau Uji Kelayakan Game, Evaluasi Hasil. Pembuatan game dilakukan dengan menggunakan game engine Construct 2. Penerapan game media pembelajaran  ini  diharapkan  dapat  mengatasi  masalah  tersebut.  Sehingga  di  saat  anak memainkan game ini secara tidak langsung dapat belajar, dengan harapan semangat anak untuk belajar akan lebih terpacu dan meningkatkan kualitas belajar anak.
Copyrights © 2021