Journal of Physical and Outdoor Education
Vol. 2 No. 2 (2020): Journal of Physical and Outdoor Education

Pengaruh gaya mengajar dan kemampuan motorik terhadap hasil belajar forehand drive tenis meja

Sony Hasmarita (STKIP Pasundan)
Dedi Kurnia (STKIP Pasundan)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang pengaruh gaya mengajar dan kemampuan motorik terhadap hasil belajar forehand drive tenis meja di SMP Negeri 1 Saguling. Metode penelitian ini adalah eksperimen, Populasi siswa kelas VIII SMPN 1 Saguling berjumlah 75siswa, sampel yang digunakan adalah 40 orang , dengan teknik pengambilan sampel menggunakan pengambilan purporsif sampling dari keseluruhan populasi penelitian 100%. Dari total populasi kemudian diukur sebanyak 27% kelompok atas dan bawah sebagai pengelompokkan kemampuan motorik tinggi dan rendah. Data perhitungannya mengacu pada Ferducci.Teknik analisis variansi(ANAVA)dua jalur, dilanjutkan dengan Uji Tukey pada taraf signifikansi α = 0,05. Diperoleh : (1)Hasil belajar forehand drive yang latihan dengan menggunakan gaya mengajar latihan(X̅=3.60) lebih baik dari hasil belajar forehand drive dengan gaya mengajar resiprokal (X̅ = 3.35 ). (2)Terdapat interaksi antara gaya mengajar dengan kemampuan motorik terhadap hasil belajar forehand drive diperoleh harga Fhitung interaksi(FAB) = 17,48 dan Ftabel = 4,35, Fhitung > Ftabel sehingga (Ho) ditolak dan (Hi) diterima. (3)Siswa yang memiliki kemampuan motorik tinggi menggunakan gaya mengajar latihan dengan (X̅=4.30) lebih baik dengan gaya mengajar resiprokal (X̅ = 3,10).(4) Siswa yang memiliki kemampuan motorik rendah menggunakan gaya mengajar resiprokal(X̅ = 3,60) lebih baik dari pada yang diajar dengan gaya mengajar latihan(X̅ = 2,90).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpoe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Physical and Outdoor Recreation, a print journal published by Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) STKIP Pasundan Cimahi, which was founded 2019. It publishes articles from high-quality research on Physical Education scope, including teaching-learning Physical ...