Journal of Physical and Outdoor Education
Vol. 3 No. 1 (2021): Journal of Physical and Outdoor Education

Hubungan motivasi dengan keterampilan smash dalam permainan bola voli

Sony Hasmarita (STKIP Pasundan)
Ahmad Husaeni (STKIP Pasundan)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2021

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian mengenai Hubungan Motivasi Dengan Keterampilan Smash Dalam permaianan Bola Voli . Penelitian ini didasari pada permasalahan ada atau tidaknya suatu hubungan motivasi siswa dengan keterampilan smash bola voli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan korelasi. Dengan teknik sampel purposiv sampling, dalam penelitian ini untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan tes untuk keterampilan smash dengan instrumen gerak yang sudah disediakan, untuk motivasi mengunakan angket. Populasi yang digunakan dalam peneltian ini yaitu seluruh siswa putra SMPN 1 Saguling yang mengikuti ekstrakulikuler bola voli sebanyak 53 orang. Dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas VII yang mengikuti ekstrakulikuler bola voli yang berjumlah 30 orang. Berdasrkan data penelitian hasil signifikan r hitung dengan signifikan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Hi diterima, dan nilai person correlation 0,812 dengan kategori Korelasi Kuat yang berarti ada pengaruh nyata ( signifikan) variabel Motivasi (x) terhadap keterampilan smash bola voli (y) Dengan nilai determinasi sebesar 66,0% dari variabel motivasi (x) dengan variabel smash (y). ) kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa motivasi sangat berhubungan dengan keterampilan smash bola voli dan motivasi memepengaruhi keterampilan smash dalam kategori cukup tinggi. Kata kunci : motivasi, keterampilan smash bola voli, permainan bola

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpoe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Physical and Outdoor Recreation, a print journal published by Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) STKIP Pasundan Cimahi, which was founded 2019. It publishes articles from high-quality research on Physical Education scope, including teaching-learning Physical ...