Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
Vol. 15 No. 1 (2021): APRIL

Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas Pembelajaran Dan Motivasi Belajar: Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Ips

Nila Restu Wardani (Universitas Kanjuruhan Malang)
Heru Santosa (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara bersama ataupun terpisah antara variabel independen (kompetensi profesional guru, fasilitas pembelajaran, dan motivasi belajar) terhadap variabel dependen (hasil belajar IPS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, semua informasi atau data yang diperoleh diwujudkan dengan angka dan analisis yang digunakan adalah analisis statistik. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode regresi linier berganda, yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara empat variabel. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 407 orang yang berasal dari siswa kelas IX di SMPN 2 Pandaan, sedangkan penulis mengambil sampel hanya sejumlah 140 siswa saja. Dari hasil pengujian, didapatkan variable bebas yakni kompetensi profesional guru, fasilitas pembelajaran, dan motivasi belajar berpengaruh signifikan secara simultan terhadap hasil belajar IPS di SMPN 2 Pandaan. Variabel kompetensi profesional guru memiliki kontribusi terbesar terhadap hasil belajar IPS yakin sebesar 0,101. Variabel kompetensi profesional guru, fasilitas pembelajaran, dan motivasi belajar mampu menjelaskan variabel hasil belajar IPS sebesar 34,6%,

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali ...