Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
Vol. 15 No. 1 (2021): APRIL

Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 2 Baubau

Hendrika Dwiukap (Unknown)
Ernawati (Pogram Pascasarjana Universitas Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Kemandirian belajar siswa diperlukan agar mereka mempunyai tanggung jawab dalam mengatur dan mendisiplinkan dirinya, serta mengembangkan kemampuan belajar atas kemauan sendiri. Sikap-sikap tersebut perlu dimiliki oleh siswa sebagai peserta didik karena hal tersebut merupakan ciri dari kedewasaan orang terpelajar. Tujuan dalam penelitian ini: (1) Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Baubau, (2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Baubau, dan (3) Pengaruh lingkungan belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Baubau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 2 Baubau yang berjumlah 31 siswa pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Penjelasan secara detail lingkungan belajar dan kemandirian belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar: (1) Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat kontribusi positif lingkungan belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil uji t dengan probabilitas sebesar 0,000 kurang dari alpha 0,05. Artinya, lingkungan belajar mempunyai kontribusi yang signifikasi terhadap prestasi belajar. Data responden, variabel ini menunjukkan sebanyak 58,06 % responden menyatakan bahwa lingkungan belajar menyatakan baik, (2) Terdapat kontribusi positif lingkungan belajar dan kemandirian belajar secara simultan terhadap prestasi belajar. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan kemandirian belajar secara simultan terhadap prestasi belajar secara simultan. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil uji F dengan nilai probabilitas sebesar 0,009 < 0,05. Jadi, keberhasilan prestasi belajar sangat dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan kemandirian belajar. Perhitungan dengan bantuan sofware SPPS 22 diperoleh nilai koefisien determinasi simultan (R2) adjusted R square sebesar 0,697, dengan demikian menunjukkan bahwa lingkungan belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Baubau sebesar 69,7 % dan sisasnya 30,3 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali ...