AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 10, No 2 (2021)

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: Dampak Model Open Ended dan Adversity Quotient (AQ)

Komarudin Komarudin ((Scopus ID: 57208301453) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Yulia Monica (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Achi Rinaldi ((Scopus ID: 57209826173) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Novia Dwi Rahmawati (Universitas Hasyim Asy’ari, Jombang)
Mutia Mutia (Institut Agama Islam Negeri Curup)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan angket. Tes berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis, dan angket untuk mengukur skor AQ. Angket yang digunakan adalah Adversity Response Profile (ARP). Uji hipotesis menggunakan uji anava dua jalan (Two Way Analysis Of Variance) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, tidak terdapat pengaruh tipe AQ terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan AQ terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...