AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 10, No 2 (2021)

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATRIKS BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA

Orin Asdarina (STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya)
Husnul Khatimah (STKIP Muhammadiyah Aceh Barat daya)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Kesulitan siswa dalam mempelajari materi matriks yaitu kesulitan dalam menentukan invers dan determinan matriks ordo 3x3. Kesulitan tersebut dikarenakan siswa belajar hanya  fokus pada buku paket yang disediakan dari sekolah dan tidak tersedianya modul pembelajaran yang menarik dan memudahkan siswa dalam mempelajari materi matriks. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matriks berbantuan aplikasi Geogebra yang valid, praktis, dan efektif di SMA Negeri Unggul Harapan Persada. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri Unggul Harapan Persada tahun ajaran 2020/2021. Hasil validasi oleh team expert maka modul pembelajaran matriks berbantuan aplikasi GeoGebra masuk dalam kategori valid dengan skor rata-rata 4.5 (Sangat Baik). Berdasarkan  hasil ujicoba lapangan, respon yang diberikan siswa diperoleh persentase rata-rata 82,6% dengan klasifikasi sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran matriks berbantuan GeoGebra membantu dan memudahkan siswa dalam memahami materi matriks. Kemudian hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran yang diberikan oleh observer diperoleh persentase rata-rata 83,33% dengan kategori praktis. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan tes hasil belajar siswa, siswa yang tuntas sebanyak 85,7% yang artinya hasil dari penerapan modul pembelajaran matriks berbantuan aplikasi Geogebra efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...