Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Vol. 10 No. 01 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING KONSUMEN SAAT MOMENT HARI BELANJA ONLINE NASIONAL (HARBOLNAS)

Yenny Yuniarti (Journal.unja.ac.id)
Maulidia Imastary Tan (Unknown)
Ade Perdana Siregar (Unknown)
Adi Ikhsan Syukri Amri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Hari Belanja Online Nasional ( Harbolnas ) merupakan suatu perayaan yang diciptakan idEA (Asosiasi E-commerce Indonesia) guna mendorong dan mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai kemudahan berbelanja secara online. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, pada tahun 2018 sebanyak 6,5 juta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang terlibat dalam kegiatan harbolnas. E-commerce sendiri menimbulkan perubahan perilaku pembelian konsumen menjadi impulse buying, yaitu melakukan pembelian yang tidak direncanakan (Natasya, 2016). Metode penarikan sampel purposive sampling yaitu konsumen yang pernah melakukan transaksi saat harbolnas. Metode analisis yang digunakan deskriptif kualitatif dengan alat analisis Cross Tabulation. Temuan dalam penelitian ini yaitu faktor yang paling mempengaruhi impulse buying konsumen online store saat moment harbolnas adalah emosi, yaitu keinginan untuk menunjukan jati diri. Kata Kunci : e-commerce, impulse buying, HARBOLNAS

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mankeu

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) merupakan jurnal yang dapat di akses secara terbuka yang diterbitkan secara periodic tiga kali dalam setahun dengan periode April, September dan Desember. Mankeu menerima naskah secara nasionala dan local dari peneliti, akademisi, praktisi dan ...