Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada tema Peristiwa Dalam Kehidupan kelas VB Sekolah Dasar Negeri 90 Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan refleksi (reflection). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Sekolah Dasar Negeri 90 Kendari. Siswa laki-laki 14 orang dan siswa perempuan 7 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif melalui lembar observasi dan data kuantitatif melalui hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes siklus I dan siklus II. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa yang diperoleh dari siklus I hingga siklus II ditunjukkan yakni pada siklus I dengan rata-rata 68,95 yaitu dari 21 siswa yang tuntas sebanyak 15 orang (71,86%) dan yang tidak tuntas sebanyak 6 orang (28,57%). Sedangkan pada siklus II diperoleh peningkatan dengan rata-rata 76,86 yang tuntas sebanyak 19 orang (90,62%) dan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang (9,8%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Peristiwa Dalam Kehidupan kelas VB Sekolah Dasar Negeri 90 Kendari.Kata Kunci: model teams games tournament; hasil belajar
Copyrights © 2020