Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol 10, No 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020

Peranan Guru Agama Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Disekolah Melalui Keteladanan Guru Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Padang Tualang Tahun Pelajaran 2019/2020

Hadi Widodo (Dosen STKIP Amal Bakti, Jalan Medan Marelan Desa Manunggal Deli Serdang Sumatera Utara, Indonesia.)
Nurisnaini Heni (Mahasiswa STKIP Amal Bakti, Jalan Medan Marelan Desa Manunggal Deli Serdang Sumatera Utara, Indonesia)
Muammar Toyyip Apif (Mahasiswa STKIP Amal Bakti, Jalan Medan Marelan Desa Manunggal Deli Serdang Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Abstrak: Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan guru mata pelajaran agama  dalam membina kedisiplinan siswa di sekolah dan seberapa besar keberhasilan siswa menerapkan kedisiplinanya. Disiplin sekolah ditetapkan oleh kepala sekolah dan para staf dan guru yang mengajar untuk dijalankan dan ditaati atau dipatuhidan ditetapkan sebagai peraturan yang baku sampai pada waktu yang tidak terbatas. Disiplin belajar sekolah yang diterapkan berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah menerapkan disiplin belajar kepada siswa seperti belajar tepat waktunya, pulang belajar pada waktunya, berpakaian rapi dan seragam sesuai dengan pakaian dan waktu yang ditetapkan serta saling menghormati antara sesamea teman dan menghormati guru sebagai tenaga pendidik dan pengajar. Prilaku Guru yang memiliki kemauan, ketulusan/keikhlasan,serta kesungguhan dalam menjalankan tugas karena guru merupakan sosok orang yang  ditiru. Peranan seluruh keluaga sekolah sangat penting dalam meningkatkan kedisiplinan serta tenaga pengajar yang disiplin karena dapat meningkatkan kualitas sekolah dan kualitas pelajaran. Kata kunci: keteladanan guru, serta kedisiplin adalah keharusan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-irsyad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance ...