Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol 10, No 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020

Hubungan Antara Self Efficacy dan Iklim Kelas Dengan Self Regulated Learning Siswa SMK Negeri 2 Medan

Abd. Aziz Rusman (Dosen FITK UIN Sumatera Utara Medan)
Fauziah nasution (UIN Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2020

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan natara variabel self efficacy dan iklim kelas dengan self regulated learning siswa SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional, yaitu untuk menegtahui hubungan antar variabel penelitian. Populasi adalah seluruh siswa SMK Negeri 2 Medan. Sampel berjumlah 160 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket Skala Likert. Analisis data dilakukan dengan rumus Regresi Linear berganda. Operasi hitung menggunakan bantuan SPSS 17.0.Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Hubungan antara variabel self efficacy dengan self regulated learning siswa sebesar 0,133 atau 13,3% pada signifikansi 0,002; 2) Hubungan antara iklim kelas dnegan self regulated learning siswa sebesar 0, 301 atau 30,1% pada signifikansi 0,000. 3) Total hubungan variabel self efficacy dan iklim kelas dengan self regulated learning siswa sebesar 0,381 atau 38,1% pada signifikansi 0,000. Kata Kunci: Self regulated learning, self efficacy, iklim kelas

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-irsyad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance ...