International Journal of Animal Science
Vol. 3 No. 04 (2020): International Journal of Animal Science

Analisis Persepsi Peternak Sapi Potong Terhadap Pelayanan Inseminasi Buatan Gratis Program Upsus Siwab

Septian Eko Naryono (Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Islam Lamongan)
Edy Susanto (Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Islam Lamongan)
Dyah Wahyuning Aspriati (Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Islam Lamongan Jl. Veteran No. 53 Lamongan)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peternak sapi potong terhadap pelayanan program inseminasi buatan gratis upsus siwab di wilayah kerja Sekar II, Kecamaan Sekar, Kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian ini digunakan dengan menggunakan data kualitatif yang dimulai dari awal 10 Mei 2018 - 20 Juli 2018 di Wilayah Kerja Sekar II Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro. Pengumpulan data dilaksanakan lewat wawancara dengan bantuan kuesioner. Analisis data yang dipakai ialah deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat persentase persepsi sasaran IB upus siwab gratis 2018 yang tinggi pada peternak sapi potong di Wilayah Kerja Sekar II Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro dengan rata-rata kepuasan sebesar 65,17%. 2) Terdapat persentase yang tinggi pelayanan IB gratis upsus siwab tahun 2018 pada peternak sapi potong diwilayah kerja Sekar II Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro dengan rata-rata kepuasan sebesar 63,25%. Karena tingginya atau positif persentase persepsi peternak sapi potong terhadap program inseminasi buatan upsus siwab sehingga program harus dilanjutkan dengan evaluasi pedet yang lahir dari program tersebut, dan perlu dilakukan sistem backup petugas. untuk melayani hak-hak petani.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

asj

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Aim International Journal of Animal Science aims to publish original research results and reviews on farm tropical animals related to bioscience, biotechnology, bio resources such as chicken, duck, japanese quail, cattle, buffaloes, sheep, goats, pigs, horses, as well as nondomesticated Indonesian ...