Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 2 No. 2 (2021): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Efektivitas Media Animasi Audio Visual dalam Kuliah Daring Keterampilan Membaca

Fatih Holis Ahnaf (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)
Farida Rochmawati (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)
Sri Maria Utami (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)
Dini Dwi Syahputri (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas antara penggunaan media animasi audio visual dalam perkuliahan daring dengan model pembelajaran konvensional. Subjek penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil belajar mahasiswa diuji menggunakan tes kognitif sumatif melalui uji analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari kelompok eksperimen 88,84 dan kelompok kontrol 78,91. Dari perhitungan tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran dengan mahasiswa yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran animasi audio visual efektif digunakan, khususnya pada mata kuliah membaca.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...