Journal Mathematics Education Sigma [JMES]
Vol 1, No 2 (2020): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA

Efektifitas Model Pembelajaran ARCS Dan ARIAS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Riefni Diana Lubis (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Ida Karnasih (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Irvan Irvan (Universitas Muhamamdiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Apakah kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model ARCS dan ARIAS efektif dalam mencapai ketuntasan klasikal; (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa; (3) Apakah ada pengaruh KAM dan model pembelajaran secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 1 Percut Sei Tuan tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 9 kelas, sedangkan sampel penelitian diambil dua kelas secara acak. Kelas eksperimen I diberikan perlakukan dengan menggunakan model pembelajaran ARCS dan kelas eksperimen II diberikan perlakukan dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika Analisis data dilakukandenganuji MANCOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah menggunakan model ARCS dan ARIAS efektif memenuhi ketuntasan klasikal dengan nilai rata-rata sebesar 70; (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran ARCS dan ARIAS terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 95,5%; (4) terdapat pengaruh KAM dan model pembelajaran ARCS dan ARIAS secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmes

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Fokus dari Journal Mathematics Education Sigma (JMES) ini: Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Matematika Pengembangan Penelitian Dalam Pendidikan Matematika ICT Dalam Pendidikan ...