Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLANE PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X DI SMK N 1 PADANG

Muhammad Arief (Teknik Sipil)
Faisal Ashar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2021

Abstract

Pembuatan media pembelajaran interaktif dilakukan upaya dalam memecahkan masalah belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kelayakan pembuatan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X SMK melalui uji validitas dengan beberapa ahli (2) Mengetahui kelayakan pembuatan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Gambar Teknik X SMK (3) Mengetahui kelayakan pembuatan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X SMK melalui praktikalitas pada siswa. Jenis dan metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) model 4-D. Produk dilakukan oleh 3 orang validator yakni 2 orang validator media dan 1 orang validator materi, sedangkan jumlah subjek penelitian 35 orang siswa SMKN 1 Padang. Alat pengumpulan data berupa angket, dokumentasi dan format penilaian. Hasil produk berupa aplikasi, produk yang dihasilkan mendapatkan hasil penilaian kelayakan dari ahli materi dan ahli media yakni, hasil validasi materi diperoleh nilai “Sangat Bagus” sehingga materi dinyatakan sudah lengkap untuk dikembangkan, hasil validasi media setelah melalui dua tahap validasi diperoleh nilai akhir “Sangat Bagus”, sehingga media dikategorikan valid untuk diujicobakan, dapat disimpulkan media pembelajaran Gambar Teknik ini layak diujicobakan. Hasil dari kepraktisan media setelah uji coba kepada 35 orang responden siswa kelas X SMKN 1 Padang diperoleh nilai“Praktis

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...