Jurnal ABDIMAS (Pengabdian kepada Masyarakat) UBJ
Vol. 4 No. 2 (2021): Juni 2021

Empowering UMKM Dengan Pemanfaatan Digital Marketing Di Era New Normal (Literasi Media Digital Melalui Webinar): Literasi Media Digital melalui Webinar

Veranita, Mira (Unknown)
Yusuf, Ramayani (Unknown)
Sahidin, Yuda (Unknown)
Susilowati , Rini (Unknown)
Fatihah, Dian Candra (Unknown)
Warsiati , Wiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Abstract There are many problems faced by MSMEs due to the Covid-19 pandemic, even though MSMEs have a large enough contribution to national economic growth. Even though several types of businesses have actually experienced development, in general, MSMEs have been greatly affected. MSMEs must be able to adapt to the changes that occur, between innovating and utilizing digital marketing in running their business, especially in marketing their products. To support the digitization of MSMEs so that they are able to adapt to these changes, community service activities are carried out. This digital literacy is in a webinar format using the Zoom Meeting and Youtube Streaming application, which was attended by 147 participants, MSME owners, observers and academics from various cities in Indonesia. Activities run smoothly, with materials delivered by academics and practitioners in their fields. The participants were quite enthusiastic because the delivery was clear and interesting, so that the feedback obtained was quite satisfying, although there were still a few shortcomings. Keywords: Branding, Digital Marketing, Literacy, MSMEs Abstrak Banyak permasalahan yang dihadapi UMKM akibat pandemi Covid-19, padahal UMKM memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Meskipun beberapa jenis usaha benar-benar mengalami perkembangan, namun secara umum UMKM sangat terpengaruh. UMKM harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, antara berinovasi dan memanfaatkan digital marketing dalam menjalankan usahanya, khususnya dalam memasarkan produknya. Untuk mendukung digitalisasi UMKM agar mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut maka dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Literasi digital ini dalam format webinar dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan Youtube Streaming yang diikuti oleh 147 peserta, pemilik UMKM, pemerhati dan akademisi dari berbagai kota di Indonesia. Kegiatan berjalan dengan lancar, dengan materi yang disampaikan oleh akademisi dan praktisi dibidangnya. Peserta cukup antusias karena penyampaiannya jelas dan menarik, sehingga feedback yang didapat cukup memuaskan walaupun masih ada beberapa kekurangan. Kata kunci: Brand, Digital Marketing, Literasi, UMKM

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Jabdimas

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JURNAL ABDIMAS UBJ merupakan jurnal kumpulan artikel hasil pengabdian kepada masyarakat di Indonesia. Sebagai salah satu semangat menyebarluarkan hasil kajian pada peneliti dibidangnya yang telah diimplementasikan pada kegiatan pengabdian ...