Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 2 No. 2 (2021)

NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

Nuroini Najmiya Nafisa (Universitas Muria Kudus)
Mohammad Kanzunnudin (Universitas Muria Kudus)
Mila Roysa (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2021

Abstract

Novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy merupakan novel yang menceritakan seorang perawan tua yang tak kunjung menikah karena karir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana karya habiburrahman El Shirazy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan  menggunakan metode simak dengan teknik pencatatan. Analisis data dilakukan menggunakan model pembacaan heuristik dan pembacaan hermenutik. Penyajian hasil analisis menggunakan penyajian informal. Nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy meliputi (1) Nilai agama yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana adalah taat dalam beribadah, berdoa, bersabar, berdzikir, bersikap husnudzon kepada Allah SWT, dan bersyukur kepada Allah, (2) Nilai moral dalam novel Cinta Suci Zahrana adalah berbakti kepada kedua orang tua, memuliakan tamu, memiliki rasa malu, dan sikap rendah hati, (3) Nilai sosial yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana adalah tidak adanya deskriminasi, adanya dukungan dari seorang sahabat, dan sifat dermawan, (4) Nilai budaya  yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana adalah percaya diri, mandiri, optimis, dan ikhtiar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...