Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 10, No 1 (2021)

MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING: APA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK?

Nurazmi Nurazmi (Muhammadiyah University of Makassar)
Linawati Linawati (Muhammadiyah University of Makassar)
Khaeruddin Khaeruddin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Binongko. Sampel dipilih secara simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis yang dilakukan, menunjukan bahwa (1) penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas XI IPA 1 menunjukkan hasil belajar fisika peserta didik pada ketegori tinggi, yaitu dengan skor rata-rata 22,2 (2) penggunaan model pembelajaran konvensional di kelas XI IPA 2 menunjukkan hasil belajar fisika peserta didik pada ketegori sedang dengan skor rata-rata 19,0. (3) terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA 1 yang diajar rmenggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan peserta didik kelas XI IPA 2  yang diajar dengan model pembelajaran konvensional

Copyrights © 2021