QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 12, No 1 (2021): April 2021

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BLENDED INQUIRY LEARNING BERBANTUAN SCHOOLOGY PADA PEMBELAJARAN FISIKA: LITERATURE REVIEW

Melly Indah Sugiarti (Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Surabaya)
Dwikoranto Dwikoranto (Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan blended inquiry learning berbantuan schoology dalam pembelajaran fisika di jenjang SMA dan menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran blended inquiry learning berbantuan schoology pada pembelajaran fisika di jenjang SMA. Penelitian ini menggunakan metode library research. Data yang didapatkan berupa data sekunder yang diperoleh berdasarkan kajian jurnal penelitian dari pelbagai sumber jurnal online, artikel jurnal yang dikaji sebanyak 35 artikel. Dari artikel yang dikaji tersebut terdapat 17 artikel dengan 2 skripsi dan 2 tesis dari tahun 2017-2020 yang membahas sesuai dengan topik permasalahan. Hasil dan pembahasan dari data sekunder diperoleh bahwa model blended inquiry learning dengan berbantuan schoology ini sangat cocok diterapkan pada abad 21 terlebih pada masa transisi akibat covid-19. Model tersebut dapat mempermudah guru untuk menyampaikan materi fisika serta tahapan pembelajaran dapat selesai tepat waktu. Selain itu, model ini juga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran fisika di jenjang SMA. Di samping itu persepsi guru dan peserta didik terhadap model tersebut juga sangat positif akan tetapi model pembelajaran ini memiliki kendala yaitu kendala akses ke internet, karena pada penerapan model pembelajaran ini dibutuhkan akses internet yang stabil agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...