FOUNDASIA
Vol 12, No 1 (2021)

Efektivitas model scientific based learning pada peningkatan prestasi psikomotor siswa

Evy Nur Rochmah (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk menguji keefektifan model scientific based learning pada peningkatan prestasi psikomotor siswa. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan pre-exsperimental design one-group pretest-posttest design. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi pengelolaan pembelajaran, lembar observasi kegiatan siswa, dan lembar tes. Subjek penelitian adalah siswa SD kelas II di Kecamatan Mlati yang tersebar di tiga sekolah. Responden dalam penelitian ini sebanyak 101 orang. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa model scientific based learning dalam peningkatan prestasi psikomotor siswa SD kelas II memenuhi kriteria keefektifan berdasarkan hasil observasi kegiatan siswa, pengelolaan guru,  pretest dan posttest. Pada uji keefektifan yang dilakukan, menunjukkan ada peningkatan skor rata-rata pada aspek psikomotor pada uji coba terbatas sebesar 20 poin. Pada uji coba lapangan menunjukkan peningkatan skor pada aspek psikomotor sebesar 25,3 poin. Pada uji coba operasional menunjukkan peningkatan skor pada aspek psikomotor sebesar 32,1 poin dengan skor maksimal 100 poin. Dari hasil uji keefektifan tersebut dapat disimpulkan bahwa model scientific based learning efektif digunakan pada peningkatan prestasi psikomotor siswa.Kata kunci: model scientific, psikomotor

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

foundasia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOUNDASIA is an open access, and peer-reviewed journal. FOUNDASIA will publish the selected articles under the Attribution-Share Alike 4.0 International Creative Commons license. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on foundations of education ...