Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Vol 19, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU (STUDI KASUS GURU AKUNTANSI KEJURUAN BISNIS DAN MANAJEMEN SMK DI JAKARTA PUSAT)

Milenia Febriyanti Nena (Universitas Negeri Jakarta)
Sri Zulaihati (Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta)
Ati Sumiati (Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini diawali dengan kondisi realita kinerja guru yang berdasarkan hasil capaian kerja dan wilayah masih tergolong dalam kategori cukup yang artinya diperlukan peningkatan agar lebih baik dari sebelumnya. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis kinerja guru yang dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan disiplin kerja pada guru dengan studi kasus Guru Akuntansi Kejuruan Bisnis dan Manajemen SMK di Jakarta Pusat. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert dan juga data sekunder dari Penilaian Kinerja Guru. Sampel yang digunakan sebanyak 65 guru dengan teknik sampel proportionate random sampling. Data penelitian dianalisis dengan SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan disiplin kerja kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun stimultan dengan kontribusi sebesar 46,1%. Penelitian ini berkontribusi terhadap pembuktian secara empiris mengenai pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan disiplin kerja kerja terhadap kinerja guru.Keywords: Kinerja, Kepemimpinan Transformasional, Motivasi, Disiplin

Copyrights © 2021