Jurnal Veteriner
Vol 22 No 2 (2021)

Aktivitas Superoxide Dismutase pada Serum Darah Babi Landrace yang Disembelih dengan Metode Electrical Stunning

Shabrina Fauzia Prayoga (Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga Kampus C Unair, Jl. Mulyorejo, Surabaya 60115, Indonesia)
Kuncoro Puguh Santoso (Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga Kampus C Unair, Jl. Mulyorejo, Surabaya 60115, Indonesia)
Nove Hidajati (Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga Kampus C Unair, Jl. Mulyorejo, Surabaya 60115, Indonesia)
Faisal Fikri (Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga Kampus C Unair, Jl. Mulyorejo, Surabaya 60115, Indonesia)
Maya Nurwartanti Yunita (Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga Kampus C Unair, Jl. Mulyorejo, Surabaya 60115, Indonesia)
Muhammad Thohawi Elziyad Purnama (Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga Kampus C Unair, Jl. Mulyorejo, Surabaya 60115, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menentukan aktivitas Superoxide Dismutase (SOD) pada babi Landrace yang disembelih dengan metode stunning dan non-stunning. Sebanyak 18 ekor babi Landrace jantan dewasa yang telah dikebiri dengan masing-masing bobot 115±20 kg dibagi menjadi dua kelompok, yakni stunning dan non-stunning dengan pengujian serum pada pre dan post treatment. Electrical stunning dilakukan dengan aliran listrik pada dua elektroda sebesar 220 volt dan 1,3 ampere. Sampel darah diambil sebanyak 3 mL, kemudian diuji aktivitas SODnya.. Hasil aktivitas SOD dianalisis dengan uji T berpasangan untuk membandingkan aktivitas SOD serum antara stunning dan non-stunning pada fase pre dan post treatment. Hasil stunning menunjukkan penurunan signifikan (p<0,05) aktivitas SOD sebesar 56,12±54,47 dibandingkan non-stunning sebesar 137,84±66,63. Aktivitas SOD yang rendah tampak signifikan (p<0,05) juga pada pre-treatment dibandingkan dengan post-treatment. Dapat disimpulkan bahwa penyembelihan dengan metode electrical stunning menurunkan aktivitas SOD pada serum babi Landrace.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jvet

Publisher

Subject

Veterinary

Description

Jurnal Veteriner memuat naskah ilmiah dalam bidang kedokteran hewan. Naskah dapat berupa: hasil penelitian, artikel ulas balik (review), dan laporan kasus. Naskah harus asli (belum pernah dipublikasikan) dan ditulis menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Naskah ilmiah yang telah ...