Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol 4, No 2 (2021): Juli

Audio Visual Learning Media Based on Microsoft Powerpoint With Materials for Summary and Reduction of Class III Mathematics Courses

Fitria, Dita Ainun Fitria Ainun (Unknown)
Nurafni, Nurafni (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2021

Abstract

Faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran yaitu kurangnya media pembelajaran. Saat ini beberapa guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi. Hal ini berdampak pada siswa yang kesulitan dalam memahami materi pembelajaran sehingga hasil belajar matematika yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menciptakan media pembelajaran audio visual berbasis Microsoft PowerPoint materi penjumlahan dan pengurangan mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan. Model yang digunakan dalam mengembangkan media yaitu Borg and Gall. Subjek uji coba diterapkan kepada 26 siswa. Pengumpulan data melalui lembar validasi ahli media, materi, dan respon siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu validasi ahli materi memperoleh skor 90% (sangat layak). Hasil ahli media pembelajaran memperoleh skor 80% (sangat layak). Tingkat kelayakan media yang diperoleh melalui observasi melalui beberapa penilaian menunjukkan persentase semua aspek adalah 86% (sangat baik). Berdasarkan hasil perolehan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis Microsoft Power Point sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penerapan media pembelajaran ini membantu siswa dalam mempelajari dan memahami materi pembelajaran dengan lebih baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...