Psiko-Edukasi
Vol 19, No 1 (2021): Psiko Edukasi

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN PENYESUAIAN AKADEMIK MAHASISWA ANGKATAN 2019 PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS PENDIDIKAN DAN BAHASA UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ATMA JAYA

Chatarina Chintya Dwianti (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)
Yoseph Pedhu (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)



Article Info

Publish Date
16 May 2021

Abstract

Kecerdasan emosi adalah kemampuan individu untuk merasakan, memahami dan mengelola perasaan sehingga dapat menggunakannya untuk memandu pikiran dan tindakan. Penyesuaian akademik adalah proses yang dialami oleh seseorang dalam memenuhi tuntutan dan persyaratan akademis secara bermanfaat dan memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosi, penyesuaian akademik dan hubungan antara keduanya pada mahasiswa angkatan 2019 Program Studi Bimbingan dan Konseling di UNIKA Atma Jaya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa angkatan 2019 Program Studi Bimbingan dan Konseling memiliki kecerdasan emosi dan penyesuaian akademik yang tinggi. Hasil penelitian ini juga menunjukan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dan penyesuaian akademik yang menggambarkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosi, maka semakin baik pula penyesuaian akademik mahasiswa. Variabel kecerdasan emosi memberikan sumbangan sebesar 18% terhadap penyesuaian akademik. 

Copyrights © 2021