Psiko-Edukasi
Vol 19, No 1 (2021): Psiko Edukasi

HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN PENYESUAIAN AKADEMIK MAHASISWA ANGKATAN 2019 PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING, FAKULTAS PENDIDIKAN DAN BAHASA, UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ATMA JAYA

Widyadhara Tri Anggana (PT Shippindo Teknologi Logistik (Shipper Indonesia))
Yoseph Pedhu (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)



Article Info

Publish Date
16 May 2021

Abstract

Penyesuaian akademik adalah kemampuan mahasiswa/i untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan perkuliahannya dan mampu menyelesaikan masalah-masalah akademik dan mampu mencapai prestasi akademiknya. Regulasi diri adalah upaya individu untuk mengatur diri dalam suatu aktivitas dengan mengikutsertakan kemampuan pikiran, perasaan, dan perilaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat regulasi diri, penyesuaian akademik, dan hubungan antara kedua variabel. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2019 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional. Berdasarkan hasil uji coba instrumen regulasi diri memiliki reliabilitas instrumen sebesar 0,914 dan instrumen penyesuaian akademik dengan reliabilitas instrumen 0,923. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara regulasi diri dan penyesuaian akademik. Variabel regulasi diri memberikan sumbangan sebesar 68% terhadap variabel penyesuaian akademik.

Copyrights © 2021