LEMMA: Letters Of Mathematics Education
Vol 7, No 2 (2021): Lemma: Letters Of Mathematics Education

Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Menggunakan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) di Kelas XII IPA SMAN 1 Lubuk Basung

Ananda, Kasih Putri (Unknown)
Rahmi, Rahmi (Unknown)
Yusri, Radhya (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang tidak yakin pada kemampuan diri sendiri dan tidak memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana kemandirian belajar siswa pada pembelajaran online menggunakan LKPD berbasis problem based learning. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas XII IPA 1 yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa angket kemandirian belajar, LKPD dan pedoman wawancara. Data dianalisis dengan skala likert dan rubrik holistik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemandirian belajar siswa yang memiliki kemandirian belajar yang berada pada kriteria sangat kuat sebanyak 4 orang siswa dengan persentase  13%, siswa yang memiliki kemandirian belajar yang berada pada kriteria kuat sebanyak 22 orang siswa dengan persentase 73%, siswa yang memiliki kemandirian belajar yang berada pada kriteria lemah sebanyak 2 orang siswa dengan persentase 7%, dan siswa yang memiliki kemandirian belajar yang berada pada kriteri sangat lemah sebanyak 2 orang siswa dengan persentase 7%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of LEMMA is a journal of mathematics education result written by all academics such as teacher, lecturer, researcher who has done peneitian in mathematics education. ...