Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KENDARI

Beny Septian Sukmo Marseno (Universitas Halu Oleo)
La Masi La Masi (Universitas Halu Oleo)
Hasnawati Hasnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari tahun pelajaran 2017/2018 yang tersebar dalam 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah 60 orang siswa, yang terbagi atas dua kelompok belajar. Pengambilan data dilakukan secara random class. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa lembar observasi dan tes hasil belajar matematika siswa berbentuk soal uraian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan berikut. (1) Berarti ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Kendari. Hal ini berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan SPSS  diperoleh thitung = 2.134 dan Sig. (2-tailed) = 0.037< α = 0,05.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...