Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan Level of Inquiry dengan virtual lab terhadap Keterampilan Proses Sains peserta didik kelas XI di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung pada materi fluida statis. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan desain one group pre-post test design. Sampel penelitian ini terdiri dari 1 kelas dengan jumlah siswa 32 orang. Instrument penelitian berupa 15 soal pilihan ganda, soal LKPD dengan kategori peningkatan merujuk rubrik yang dikembangkan oleh lati W, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran Level of Inquiry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan Proses Sains meningkat dengan nilai rata-rata pre-test 51,04, nilai rata-rata post test 83,13 dan nilai N-Gain 0,65 berkategori sedang. Selain itu nilai rata-rata Keterampilan Proses Sains siswa pada 3 pertemuan dengan menggunakan LKPD pertemuan I yaitu 81,42, pertemuan II yaitu 85,94 dan pertemuan III yaitu 83,71. Simpulan dari penelitian ini, Level of Inquiry dengan virtual lab memberikan dampak terhadap Keterampilan Proses Sains peserta didik.
Copyrights © 2021