Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 21, No 2 (2021)

Perilaku Anti Sosial Anak Usia 5-6 Tahun dan Cara Guru Menangani di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Perdagangan

Jami Nur Aisyah Rambe (Universitas Negeri Medan)
Nasriah Nasriah (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi perilaku antisosial anak usia dini 5-6 Tahun dan cara guru menangani di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Perdagangan TA. 2020/2021. Jenis penelitiann adalah menggunakan pendekatan kualitatif yang sedang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata. Subjek dari penelitian ini adalah kelas B Al-Ikhlas  yang berjumlah 22 anak dan jumlah subjek yang akan di teliti adalah 10 orang anak. Data lapaangan diambil melalui observasi dan wawancara secara mendalam serta dukungan data dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku antisosial di TK Aisyiyah Bustnaul Athfal Perdagangan yang berdominan muncul pada anak adalah mencubit, memukul, menyendiri, dan menyuruh. Faktor yang mendorong perilaku antisosial anak adalah faktor lingkungan sekitarnya, pola asuh orangtua, dan  teman sebayanya. Penanganan guru adalah memberikan contoh yang baik, menegur jika anak tersebut salah, memberikan nasehat yang baik, dan memberikan hukuman dan reward pada anak tersebut.

Copyrights © 2021