JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH
Vol 4, No 2 (2021): June 2021

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN SAPI PEDAGING IMPOR TERBAIK DI PT. JUANG JAYA ABADI ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIOBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA)

Beni Andika (STMIK Triguna Dharma)
Ahmad Fitri Boy (STMIK Triguna Dharma)
Zulfian Azmi (STMIK Triguna Dharma)
Ishak Ishak (STMIK Triguna Dharma)
Milfa Yetri (STMIK Triguna Dharma)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Industri makanan dan minuman yang saat ini sedang mengalami perkembangan misalnya industri susu kemasan, makanan ringan dari daging sapi, sosis kemasan, meatbowl dan lain sebagainya sangat bergantung pada bahan baku utama yaitu daging sapi. Sapi merupakan salah satu hewan yang banyak diternakkan di Indonesia. Sapi terbagi menjadi 2 yaitu Sapi Perah dan Sapi Potong. Sapi Perah dimanfaatkan untuk menghasilkan  susu, sedangkan Sapi Potong dimanfaatkan dari hasil dagingnya. Banyak sekali peternak sapi potong gagal dalam bisnisya, karena tidak dapat memilih sapi terbaik. Bisnis sapi potong yang berkembang pesat saat ini, menimbulkan persaingan yang sangat ketat dalam memenuhi pasokan daging sapi  Hal ini menyebabkan peternak harus benar-benar teliti dalam memilih jenis sapi pedaging.Untuk mengatasi masalah diatas dibuatlah Sistem Pendukung Keputusan dengan menggunakan Metode MOORA untuk pemilihan sapi pedaging impor terbaik di PT. Juang Jaya Abadi Alam yang bertujuan untuk mempermudah dan membantu masalah-masalah dalam pemilihan sapi pedaging impor terbaik dan diharapkan dapat menemukan Pengambilan Keputusan secara tepat. Dari penelitian ini akan menghasilkan aplikasi yang digunakan adalah berbasis desktop yang dapat  mengimplementasikan Metode MOORA dalam pemilihan sapi pedaging impor terbaik..

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JSSR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Science and Social Research is accepts research works from academicians in their respective expertise of studies. Journal of Science and Social Research is platform to disclose the research abilities and promote quality and excellence of young researchers and experienced thoughts towards ...