Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan
Vol 4, No 1 (2021): Eklektik

ANALISlS MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Paijan Rambe (Magister Pendidikan Ekonomi Uiversitas Riau)
Suarman Suarman (Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Riau)
Gimin Gimin (Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap prestasi belajar mahasiswa . Penelitian ini dilakukan di UIN Suska Riau pada program studi pendidikan ekonomi. Sampel pada penelitian ini adalah 92 orang. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan path analysis. Temuan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh  langsung dan tidak langsung antara motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap prestasi belajar mahasiswa. Tinggi rendahnya prestasi belajar  dipengaruhi oleh motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi hendaknya dosen memberikan soal soal yang menuntut kreativitas dan kekritisan mahasiswa terkait pemecahan masalah dalam pembelajaran sehingga prestasi belajar mahasiswa dapat meningkat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EKLEKTIK

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan adalah Jurnal diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi Faklutas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dengan Nomor E-ISSN 2622-5360 yang bekerja sama dengan ASPROPENDO (Asosiasi Propesi Pendidik ...