JEPA (Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis)
Vol 5, No 3 (2021)

Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Perilaku Pembelian Produk Pangan Olahan di Jakarta

Rizky Aulia Firdaus (Universitas Sebelas Maret)
Nuning Setyowati (Unknown)
Mei Tri Sundari (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2021

Abstract

Perkembangan jumlah usaha produk pangan olahan yang terus meningkat menuntut pemilik usaha untuk memasarkan produknya dengan lebih baik dan efektif. Salah satu metode pemasaran yang dinilai efektif saat ini adalah menggunakan celebrity endorser. Celebrity endorser sebagai pemilik dan pengiklan dalam penelitian ini menggunakan sosial media Instagram untuk memasarkan produknya. Produk pangan olahan yang diteliti dalam penelitian ini terdiri atas produk Ayam Geprek Bensu, Mie Bangcad, Filosofi Kopi, dan Sang Pisang. Tujuan penelitian ini adalah pengaruh atribut celebrity endorser terhadap intensi dan perilaku pembelian produk pangan olahan di Jakarta. Data dianalisis menggunakan konsep Theory of Reasoned Action (TRA) dan modifikasi TRA yaitu sikap dan norma subjektif menjadi atribut celebrity endorser yaitu keterpercayaan, keahlian, daya tarik interpersonal, kualitas dihargai, dan kesamaan untuk mengetahui perilaku konsumen terhadap produk pangan olahan di Jakarta. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan analitis dengan teknik survei. Metode pengambilan lokasi dilakukan secara purposive dan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan sampel berjumlah 70 responden. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan pencatatan dengan alat pengumpulan data yaitu kuesioner secara online menggunakan google form. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan aplikasi Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterpercayaan, keahlian, daya tarik interpersonal, dan kesamaan secara signifikan berpengaruh positif terhadap intensi pembelian produk pangan olahan di Jakarta dan intensi pembelian konsumen secara signifikan berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian produk pangan olahan di Jakarta. Kualitas dihargai tidak berpengaruh signifikan terhadap intensi pembelian produk pangan olahan di Jakarta

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jepa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian secara reguler setiap tiga bulan sekali untuk tujuan mendeseminasikan hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen, peneliti dan pengabdi. Topik keilmuan yang ...