JURNAL BUANA
Vol 5 No 2 (2021)

INOVASI PEMBELAJARAN GEOGRAFI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KOTA PARIAMAN

Elvina chainur vina (Unknown)
Syafri Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the description of Geography Learning Innovation carried out by teachers in SMA Negeri Kota Pariaman. This type of research is qualitative using a descriptive pattern. So that this writing will describe, record, explain and explain the problems being studied. The selection of informants was done by purposive sampling. The research data was obtained through face-to-face and direct questions and answers with respondents with interview guidelines to informants after which data reduction was carried out then the data was presented, verified and drawing conclusions. The results revealed that the application of innovation was carried out, namely the teacher providing learning material interspersed with questions and answers, suggesting examples combined with image media, maps and globes, and laptops so that students better understand and easily master the learning material. The obstacles faced by teachers in implementing learning innovations at Public Senior High Schools in Kota Pariaman are: limitations in the availability of instructional text books, funds for geography field practice have not been supported, limited learning time and the lack of available time allocation. Efforts made by the teacher include adding material from other sources to enrich the material, preparing learning media, digital maps, globes, photos, illustration images, preparing assessment techniques that are in accordance with the learning objectives, providing feedback on the learning process and results, making remedials and provide enrichment ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Inovasi Pembelajaran Geografi kurikulum 2013 yang dilaksanakan guru Di SMA Negeri Kota Pariaman. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan pola deskriptif. Sehingga penulisan ini akan mendeskripsikan, mencatat, menjelaskan dan memaparkan permasalahan yang diteliti. Pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui cara bertatap muka dan tanya jawab secara langsung dengan responden dengan pedoman wawancara kepada informan setelah itu dilakukan reduksi data kemudian data disajikan, diverifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkap bahwa penerapan inovasi yang dilakukan yaitu guru melakukan inovasi pada perangkat pembelajaran, metode pembelajaran, dan penilaian pembalajaran serta memberikan materi pembelajaran diselingi tanya jawab, mengemukakan contoh contoh dikombinasi dengan media gambar, peta dan globe, dan laptop agar siswa lebih memahami, dan mudah menguasai materi pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan inovasi pembelajaran pada SMA Negeri di Kota Pariaman yaitu: keterbatasan dalam ketersediaan buku teks pembelajaran, keterbatasan fasilitas pendukung, keterbatasan dana untuk praktik lapangan geografi belum mendukung, keterbatasan waktu pembelajaran dan sedikitnya alokasi waktu yang tersedia. Upaya yang dilakukan guru yaitu menambah materi dari sumber lain untuk memperkaya bahan materi, mempersiapkan media pembelajaran, peta digital, globe, foto, gambar ilustrasi, mempersiapkan teknik penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembalajaran, melakukan remidial dan memberikan pengayaan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

student

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Skripsi Geografi adalah Jurnal Ilmiah Mahasiswa yang diterbitkan oleh Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang membahas mengenai fenomena pendidikan, sosial, dan budaya yang ada di tengah-tengah masyarakat. Selain itu jurnal Skripsi Geografi juga memberikan pemikiran ...