Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2021): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FORMULATE SHARE LISTEN CREATE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Usmadi Usmadi (Unknown)
Sarah Ramdantini (Unknown)
ergusni ergusni (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2021

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 5 Padangpanjang belum berkembang secara optimal. Salah satu penyebabnya, guru belum melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa salah satunya dengan menerapkan  model pembelajaran kooperatif tipe formulate-share-listen-create (FSLC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe formulate-share-listen-create terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, dengan one grup pretest-posttest design. Sampel ditarik berdasarkan teknik random sampling, sampel yang terpilih yaitu siswa kelas VII.3 SMPN 5 Padangpanjang dengan jumlah sampel sebanyak 29 orang. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Data dikumpulkan melalui tes dan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t sampel berpasangan. Simpulan hasil analisis data  bahwa setiap indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat secara signifikan. Melalui uji t pada taraf kepercayaan 95% diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...