Proses pembelajaran tidak lepas dengan alat bantu seperti media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat motivasi siswa dan menumbuhkan semangat belajar mereka salah satunya adalah e-modul interaktif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul interaktif dan mengetahui tingkat kelayakannya, serta respon dari pengguna media ini. Jenis penelitian ini adalah Research&Developmentdengan menggunakan model Alessi & Trolly dengan tiga tahapan: analisis, desain, dan pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kopang dengan jumlah subjek 20 orang. Instumen yang digunakan adalah angket dengan skala likert dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengujian produk digunakan alpha testing dan beta testing (respon pengguna). Hasil temuan kami menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak yang dinilai oleh ahli materi (82%) dan oleh ahli media (ahli desain) sebesar 80%. Selanjutnya, hasil respon penggunakan terhadap e-modul ini memperoses hasil persetase sebesar 78% dan termasuk dalam kategori baik.
Copyrights © 2021