Pengajaran Bahasa Arab di sekolah dan perguruan tinggi terdapat beberapa masalah diantaranya yaitu kurangnya siswa yang mampu berbicara menggunakan Bahasa Arab. Problematika ini menyebabkan hilangnya tujuan pembelajaran Bahasa Arab yang ingin dicapai. Untuk mencapai aspek tersebut diperlukan penerapan, pembiasaan, dan praktek baik di dalam maupun di luar kelas. Oleh karena itu, diperlukan lingkungan berbahasa untuk menunjang pembelajaran Bahasa Arab bagi penutur asing. Dalam tulisan ini penulis ingin membahas tentang bagaimana penerapan lingkungan berbahasa Arab di perguruan tinggi dengan mahasiswa sebagai penutur asing dalam berbahasa Arab. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian kualitatif suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Untuk mewujudkan sebuah perguruan tinggi yang memiliki bi’ah lughawiyah yang baik, harus dibarengi dengan strategi yang menyentuh berbagai aspek yang ada di lingkungan kampus atau perguruan tinggi dengan memaksimalkan sarana prasarana yang ada untuk menghidupkan lingkungan berbahasa.
Copyrights © 2021