JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 3 (2021): Vol.9.No.3.2021

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMAN 9 PANDEGLANG

Erni . (Unknown)
Sopyan Sauri (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran daring pada masa pandemic Covid 19. Penelitian ini di lakukan di SMAN 9 Pandeglang dari bulan April s.d Mei 2021. Pertanyaan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Apakah pembelajaran daring/online sulit bagi anda. (2) Aplikasi apa yang paling anda sukai dalam pembelajaran daring. (3) Apakah penggunaan model pembelajaran problem based learning membuat anda berfikir kritis untuk mencari solusinya. (4) Apakah penggunaan model pembelajaran problem based learning membuat anda aktif dalam belajar. (5) Apakah penggunaan model pembelajaran problem based learning dalam daring menjadikan anda mampu menyelesaikan masalah secara mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan instrumen angket. Angket disusun menggunakan google form. Responden penelitian berjumlah 49 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan sebanyak 79.6% yang menyatakan pembelajaran daring sulit dan sangat sulit di laksanakan. Kemudian terdapat 75.5% yang memilih aplikasi Whatsapp Group adalah aplikasi yang paling disukai dalam pembelajaran daring. Selain itu terdapat 61.2% siswa setuju dan sangat setuju bahwa pembelajaran daring dengan menggunakan model problem based learning dapat merangsang siswa berfikir kritis dan mencari solusinya. Terdapat 42% siswa yang menyatakan setuju penggunaan model problem based learning membuat anda aktif dalam belajar. Dan terdapat 53.1% siswa yang menyatakan setuju bahwa pembelajaran daring dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning menjadikan siswa mampu memcahkan masalah secara mandiri

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...