Analisis ini bertujuan untuk mengetahui 1) lingkungan internal dari perusahaan, 2) lingkungan eksternal dari perusahaan, dan 3) strategi alternatif apa yang bisa diambil dalam menghadapi kompetitor di masa pandemi pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, dan dokumentasi di analisis menggunakan analisis faktor internal (Internal Factor Analysis Summary), analisis faktor eksternal (External Factor Analysis Summary) dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan internal perusahaan memiliki posisi yang kuat dimana kekuatan memilki nilai total sebesar 1.86 berbanding kelemahan sebesar 1.41. Posisi perusahaaan terhadap lingkungan di luar juga memilki posisi yang kuat dimana peluang perusahaan memiliki nilai total sebesar 2.29 berbanding ancaman sebesar 0.46. Dilihat dari nilai total dimana kekuatan sebesar 1.86 lebih kecil dari peluang 2.29 berdasarkan kuadaran SWOT maka pilihan alternatif strategi yang bisa diambil adalah strategi Stable Growth
Copyrights © 2021