JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Kemandirian Belajar Siswa Smp Muhammadiyah 1 Jombang di Masa Pandemi Covid-19

Sulistyowati, Shanti Nugroho (Unknown)
Amri , Fahimul (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2021

Abstract

Kasus Covid-19 pertama kali diumumkan oleh Pemerintah Indonesia Pada tanggal 2 Maret 2020, diumumkan bahwa ada dua kasus Covid-19. Kebijakan local Lockdown dan physycal distancing serta penutupan sebagian besar sekolah oleh pemerintah provinsi dikeluarkan untuk mencegah kasus Covid-19 yang terus bertambah. Surat edaran Pada tanggal 24 maret 2020 yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, dalam Surat Edaran tersebut dijelaskan bahwa proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap kemandirian belajar siswa SMP Muhammadiyah 1 Jombang. Metode penelitian dalam penelitian ini dilaksanakaan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran online terhadap kemandirian belajar siswa SMP Muhammadiyah 1 Jombang di masa Pandemi Covid-19

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...