JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Persepsi Siswa tentang Pemahaman Guru terhadap Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang

Sandra, Nuraini Eka (Unknown)
Rifma, Rifma (Unknown)
Jasrial, Jasrial (Unknown)
Nelitawati, Nelitawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai persepsi peserta didik tentang pemahaman guru terhadap peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4Padang yang dilihat dari kecerdasan, kreativitas, kondisi fisik dan perkembangan kognitif. Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Peserta didik pada kelas X dan XI di SMKN 4 Padang merupakan populasi pada penelitian dengan jumlah 708 peserta didik dengan pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, dengan perkiraan tingkat kesalahan 10% yaitu 88 orang. Penelitian ini memakai teknik propotional random sampling.Instrument penelitian ini berupa kuisioner dengan skala model likert.Kuisioner yang digunakan sudah di uji kevalidan dan reliabelnya. Hasil data penelitian menunjukan bahwa persepsi peserta didik tentang pemahaman guru terhadap peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4Padang dilihat dari aspek 1) kecerdasan berada pada kriteria baik dan tingkat capaian skor 80,5 %, 2) kreativitas berada pada kriteria baik dan tingkat capaian skor 85,3 %, 3) kondisi fisik berada pada kategori baik dan tingkat capaian skor 76,9 %, 4) perkembangan kognitif berada pada kategori cukup baik dan tingkat capaian skor 79,9 %dengan demikian ditarik kesimpulan bahwa pemahaman guru terhadap peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4Padang menurut persepsi peserta didik berada pada kategori cukup baik dengan TCR 80,6%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...