Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran bimbingan belajar orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SDN 1 Jurit Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriftif. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN 1 Jurit yang terdiri dari 8 informan siswa dan 5 orang tua siswa. Sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung dengan informan di lapangan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model alir Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk mengetahui peran bimbingan belajar orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya keinginan siswa untuk belajar lebih giat lagi karena adanya dorongan motivasi dari orang tua dan bimbingan belajar orang tua sehingga dapat mempengaruhi belajar siswa dengan giat belajar dan ada sebagian siswa yang kurang termotivasi untuk belajar karena faktor dari siswa sendiri dan orang tua.
Copyrights © 2021