Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika: Volume 5 Nomor 2, In press

Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependence dan Field Independence

Khairisti Iis Handayani (Universitas Jambi)
Damris M (Universitas Jambi)
Kamid Kamid (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2021

Abstract

Pembelajaran yang tepat dengan mempertimbangkan gaya kognitif peserta didik dapat membantu peserta didik dalam menguasai materi pembelajaran. Apabila siswa mampu menguasai materi pembelajaran, maka membantu siswa dalam mencapai kemampuan matematik. Salah satu kemampuan matematik yang penting adalah pemahaman matematik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa pada materi fungsi kuadrat dan fungsi rasional berdasarkan teori APOS pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependence (FD) dan field independence (FI) pada materi fungsi kuadrat dan fungsi rasional di kelas X MIIA1. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian terdiri dari 3 siswa dengan gaya kognitif field dependence dan 3 siswa dengan gaya kognitif field independence. Metode pengambilan data adalah tes dan wawancara. Instrument dalam penelitian adalah peneliti sendiri dibantu dengan tes GEFT sebagai instrumen pemilihan calon subjek penelitian, tes kemampuan pemahaman siswa pada materi fungsi kuadrat dan fungsi rasiaonal, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan gaya kognitif field dependence lebih cenderung mengaplikasikan metode penyelesaian soal tidak bersumber dari pikirannya, hanya menerima pola yang sudah diajarkan. Siswa dengan gaya kognitif field independence cenderung memaahami tipe-tipe soal dan menggunakan factor internal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...