Kemandirian belajar dan resiliensi merupakan aspek pendorong mahasiswa dalam melakukan pembelajaran daring seperti saat ini. Penelitian ini dilakukan karena peneliti ingin menggambarkan bagaimana kemandirian belajar dan resiliensi mahasiswa pendidikan matematika tingkat awal Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran atau informaasi mengenai tingkat kemandirian belajar dan resiliensi mahasiswa pendidikan matematika tingkat awal di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Riset yang dilakukan memakai pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup. Jumlah sampel dalam riset ini merupakan 61 mahasiswa semester 2 dari pendidikan Matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa 22,95% dari seluruh sampel mahasiswa mempunyai tingkat kemandirian belajar yang sangat tinggi, 52,46% mempunyai tingkat kemandirian yang baik serta 24,59% mahasiswa memiliki tingkat kemandirian yang cukup baik. Selanjutnya didapatkan bahwa 9,84% mahasiswa memiliki tingkat resiliensi yang sangat baik, 70,49% memiliki tingkat resiliensi yang baik dan 19,60% mahasiswa memiliki tingkat resiliensi yang cukup baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kemandirian belajar dan resiliensi mahasiswa tingkat awal pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka sudah baik dengan masing – masing rata – rata adalah 79,82 dan 73,67.
Copyrights © 2021