Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 3 (2021): Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021

Peran Adversity Quotient Peserta Didik Kelas VIII SMP Tipe Climber dalam Pemecahan Masalah Matematis di Masa Pandemi Covid-19

Tiara Kusumastuti (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Ishaq Nuriadin (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2021

Abstract

Pada saat ini virus covid-19 sedang menggemparkan dunia. Semenjak virus ini menyebar hampir ke seluruh dunia, pemerintah memberikan kebijakan bagi seluruh sekolah untuk melakukan pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran adversity quotient peserta didik kelas VIII SMP tipe climber dalam pemecahan masalah matematis di masa pandemi covid-19. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-B di SMP Taman Harapan 1 Bekasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket AQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 15 peserta didik dengan AQ tipe climber sedangkan 5 peserta didik lainnya memiliki AQ tipe camper. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki AQ tipe climber terkadang melakukan kesalahan kecil dan mengalami kesulitan saat memecahkan masalah matematis meskipun begitu peserta didik dengan AQ tipe climber tetap berusaha untuk menyelesaikan masalah pada soal dengan baik dan mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah. Sehingga AQ tipe climber berperan dalam pemecahan masalah matematis peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...