Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 3 (2021): Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa

Iriana Nurfajriyanti (Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Trisna Roy Pradipta (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2021

Abstract

Tulisan ini berisi penelitian yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan latar belakang pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis bagi siswa. Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan pemahaman konsep matematis agar siswa mampu mengkontruksi makna dan maksud tujuan dari pembelajaran tersebut. Faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yakni tingkat kepercayaan diri siswa. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian yakni siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Darul Arqam Depok tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik instrumen soal kemampuan pemahaman terhadap konsep matematis, angket kepercayaan diri siswa, lalu melakukan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Darul Arqam Depok memiliki tiga tingkatan, yaitu tingkatan tinggi sebesar 15%, tingkatan sedang sebesar 66%, dan tingkatan rendah sebesar 19%. Dari penelitian ini diketahui bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dapat dilihat dari tinggi rendahnya kepercayaan diri siswa, semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka siswa akan semakin yakin untuk menyelesaikan permasalahan dengan pemahaman konsep matematis yang dimilikinya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...